PROFIL FORUM KOMUNIKASI GTT-PTT

FORUM KOMUNIKASI GTT-PTT
DINAS PENDIDIKAN
KAB. PAMEKASAN
SEKRETARIAT : Jl. Pramuka No.2 Hp. 081553317873

SEKAPUR SIRIH

A. Dasar Pemikiran.

Manusia Indonesia seutuhnya yang diidealisasikan menjadi titik puncak capaian tujuan pendidikan nasional sebagai proses kemanusiaan dan pemanusiaan sejati masih terus menjadi dambaan kita, ketika sosok yang sesungguhnya belum lagi ditemukan pada saat arus globalisasi dan era pasar bebas terus menerpa secara keras.

Di sinilah kita harus menerima secara taat asas bahwa pembangunan manusia Indonesia seutuhnya melalui pendidikan dan pelatihan dengan beragam jenis, jenjang, sifat, dan bentuknya sebagai sebuah proses yang tidak pernah akan selesai. Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain perbaikan sarana dan prasarana, dan peningkatan mutu manajemen sekolah, serta adanya kualifikasi tenaga pengajar yang ketat.

Namun demikian berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang berarti. Salah satu faktor yang merupakan ujung tombak proses kemanusiaan dan pemanusiaan di lembaga formal adalah guru.Guru juga sebagai sosok yang tidak hanya tercermin dalam kesederhanaan mereka berpakaian, bertutur kata, berbelanja di pasar atau dalam pola menikmati waktu senggang, akan tetapi status guru juga harus jelas dan pasti keberadaannya.Hingga saat ini agenda kerja, wajah kegiatan, dan fungsi yang ditampilkan oleh guru masih belum ada perubahan yang signifikan dengan harapan pemerintah, yaitu menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di kelas dengan efektif dan efisien. Mereka inilah yang hanya menjadi ujung tombak proses kemanusiaan dan pemanusiaan melalui jalur pendidikan formal. Oleh karena itu, guru masih belum puas dengan apa yang diterima setiap bulannya. Selain itu, berbagai pihak sering mempertanyakan, siapakah yang salah dalam penyelenggaraan pendidikan kita? Stake holders, siswa, guru, atau penentu kebijakan. Oleh karena itu, perlunya pemikiran kita bersama untuk mencari solusi yang tepat dalam menghadapinya. Sehingga pendidikan yang menjadi program prioritas Kabupaten Pamekasan akan terwujud sesuai dengan harapan masyarakat dan penentu kebijakan. Salah satunya dengan cara meningkatkan kesejahteraan guru dan menetapkan status guru yang lebih jelas menurut keberadaannya. Dengan kegiatan inilah, Forum GTT/PTT akan mengadakan tindak lanjut kunjungan penetapan status Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) ke Menpan dan Mendiknas.

B. Tujuan

a. Guna mendukung terciptanya tujuan Pendidikan Nasional sesuai dengan harapan pemerintah. b. Menindak lanjuti hasil kunjungan usulan penetapan status kinerja GTT dan PTT kab. Pamekasan yang berkapasitas sebagai guru yang juga ikut serta dalam pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional
c. Untuk dapatnya status GTT dan PTT diakui oleh pemerintah pusat dan Daerah.
d. Untuk dapatnya merevisi PP 48 yang sangat kontroversi dengan GTT dan PTT.
e. Untuk dapatnya tercover dalam lembaran Data Base Pusat.

C. Permasalahan dan Solusi

Profesi guru yang di dalam forum-forum resmi dan naskah-naskah formal akademik begitu mulia, di masyarakat luas nampaknya masih menjadi semacam profesi kelas dua, di bawah profesi-profesi lain. Oleh karena itu pemasalahan yang sering muncul dalam situasi sekarang yakni keberadaan status guru dan pegawai tidak tetap yang belum jelas keberadaannya khususnya bagi guru yang memiliki status GTT dan PTT yang belum diterima sebagai PNS dengan kategori tenaga honorer yang hanya dibayar sekolah. Berdasarkan pemaparan sederhana permasalahan yang muncul sebagai berikut;

Problematik Keberadaan status GTT dan PTT belum jelas dalam pemerintah daerah dan pusat, yang dikarenakan tidak tercovernya ke dalam lembaran Data Base, meskipun pengabdiannya sudah berpuluh-puluh tahun.Tidak disiplinnnya pengakuan administratif yang valid dan sahih serta Kesejahteraan tenaga pendidik yang sangat minim.Adanya kecemburuan sosial yang dikarenakan belum adanya perhatian kinerja bagi GTT dan PTT. v Solusi Pihak Eksekutif dan Legislatif segera mengambil kebijakan yang signifikan berdasarkan keberadaan nasib status GTT dan PTT yang belum jelas status keberadaannya.Untuk dapatnya segera diusulkan berkaitan dengan kejelasan dan penetapan status GTT dan PTT untuk tercover dalam lembaran data base.Adanya program kepedulian peningkatan kesejahteraan guruAdanya pemberiaan reaward khusus GTT dan PTT. Oke

Read More......
Template by : Kendhin x-template.blogspot.com